Penurunan Nafsu Makan Pada Penderita TBC Kelenjar

Badan merupakan salah satu anggota tubuh yang harus kita jaga.Banyak orang yang rela mengeluarkan uang jutaan rupiah atau bahkan ratusan juta untuk mendapatkan badan yang iya anggap sebagai badan ideal.Tapi bagi para penderita TBC kelenjar,penurunan berat badan merupakan salah satu gejala penyakit ini.Penurunan nafsu makan pada penderita tbc kelenjar merupakan gejala yang sering terjadi.

Bagi orang yang gemu,menderita penyakit ini merupakan cara alami die,tapi bagi orang yang berbadan kecil penyakit ini dapat membuat badannya semakin kurus.Seakan dengan berjalannya waktu,banyak sekali obat obatan yang di perjual belikan untuk penyakit tbc kelenjar ini.Selain banyak obat yang di jualan di pasaran,berbagai pengobatan tbc kelenjar juga semakin banyak.Pengobatan penyakit tbc kelenjar ini lebih aman di lakukan dengan pengobatan herbal.Bagi anda para penderita tbc kelenjar,anda bisa menaikan berat badan anda dengan cara herbal pula seperti :

penurunan nafsu makan pada penderita tbc kelenjar

  • Hindari minum sebelum makan
    Kenapa demikian ? karena saat anda minum maka perut anda akan terasa kenyang, akibatnya nafsu makan hilang sebelum porsi habis.
  • Perbanyak konsumsi karbohidrat
    Cara menambah berat badan dengan perbanyak konsumsi karbohidrat
    Berbagai makanan yang mengandung karbohidrat, seperti : buah-buahan, sayuran, nasi merah dan makanan yang berbahan dasar dari gandum seperti sereal dan roti. Makanan berbahan dasar gandum merupakan makanan yang kaya akan kandungan serat dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.
  • Konsumsi makanan penambah berat badan
    Makanan yang bisa menambah berat badan sangatlah baik bagi Anda yang ingin menambah berat badan dengan cara yang sehat. Beberapa makanan yang bisa menambah berat badan diantaranya yakni daging merah, susu sapi murni, selai kacang, roti gandum, mentega, kacang-kacangan, buah-buahan tropis (pepaya, mangga, pisang, nanas, dll) dan makanan lainnya yang mengandung protein tinggi.
  • Berhenti Merokok
    Bagi para pecandu rokok, mungkin tubuh Anda yang kurus disebabkan karena kebiasaan Anda merokok. Rokok membuat seseorang menjadi kurang nafsu makan dan juga merusak fungsi organ-organ tubuh.
  • Makanan penutup
    Sesekali, nikmati makanan penutup setelah porsi makanan utama. Asupan gula berlebih memang kurang baik untuk kesehatan, namun semangkuk es krim, kue manis, dan juga biskuit akan cukup ‘berperan’ dalam program anda. Terlebih lagi, anda akan menikmatinya.
  • Susu Sapi Murni
    Gantilah susumu dengan susu sapi murni. Terlebih bagi anda yang terbiasa mengkonsumsi susu skim (tanpa lemak). Anda membutuhkannya untuk membantu menambah berat badan. Selain itu, susu sapi murni sangat bernutrisi tinggi, khususnya vitamin A dan vitamin D. Untungnya anda bisa menggunakan susu dengan banyak cara seperti mencapurnya dengan sereal, oatmeal, ataupun dalam bentuk segelas susu untuk diminum. Jika anda terbiasa minum kopi, gunakan susu sapi  murni sebagai creamernya.
  • Konsumsi vitamin B kompleks untuk membantu pembentukan massa otot dan tubuh anda. Cara tersebut juga dapat menambah berat badan anda bertambah secara seimbang. Tidak membuat gendut namun lebih menjadikan tubuh anda lebih proporsional.
  • Lakukan Olahraga Secara Teratur
    Nah, mungkin ini salah satu penyebab mengapa badan anda kurus, yaitu anda jarang olahraga. Jika anda sudah meakukan tips dari no 1 – no 6 dan masih belum ada perkembangan, mungin saja anda melupakan hal yang satu ini. Tahukan anda, meskipun anda banyak mengkonsumsi makanan sehat, tidur secara teratur, tapi anda jaranng olahraga, maka usaha anda akan percuma, karena harus diimbangi dengan olahraga yang teratur. Caranya manfaatkan setiap hari libur anda untuk olahraga minimal lari / jogging dipagi hari.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *