Riwayat Penyakit TBC

Riwayat Penyakit TBCPenyebab TBC yaitu kuman TBC (mycobacterium tuberculosis). Sebetulnya, buat mendeteksi bakteri TBC (dewasa) tak demikian susah.Pada orang dewasa mampu dideteksi bersama sensor dahak segera bersama mikroskop atau dibiakkan dahulu di sarana. Yang susah merupakan mendeteksi TBC anak, lantaran tak mengeluarkan kuman kepada dahaknya dan gejalanya sedikit. “Diperiksa dahaknya pula tak mau ke luar, maka mesti dibuat diagnosis baku untuk mendiagnosis anak TBC sedini bisa jadi,” tutur Muljono menerangkan.Yang mesti dicermati kepada dikala diagnosis TBC anak yaitu riwayat penyakitnya. “Harus dikorek, apakah ada riwayat kontak anak bersama pasien TBC dewasa. Gejala-gejala lain buat diagnosa antara lain :

  • Apakah anak telah mendapat imunisasi BCG semasa mungil.Atau reaksi BCG amat sangat langsung. Contohnya, bengkak cuma seminggu sesudah diimunisasi BCG. Ini pula mesti dicurigai TBC, meski jarang.
  • Berat tubuh anak turun tidak dengan dikarenakan yang terang, atau kenaikan berat tubuh tiap-tiap bulan menyusut.
  • Demam lama atau berulang tidak dengan dikarenakan. “Ini serta jarang berjalan. Kalaupun ada, sesudah diperiksa, nyata-nyatanya tipus atau demam berdarah.”
  • Batuk lama, lebih dari 3 pekan. “Ini terkadang tersamar bersama alergi. Seandainya tiada alergi dan ga ada penyebab lain, baru dokter boleh curiga bisa jadi anak terkena TBC.”
  • Pembesaran kelenjar di kulit, terutama di sektor leher, serta mampu ditengarai sebagai bisa jadi gejala TBC. Yang sekarang ini telah jarang yakni adanya pembesaran kelenjar di semua badan, contohnya di selangkangan, ketiak, dan seterusnya.
  • Mata merah bukan lantaran sakit mata, namun di segi mata ada kemerahan yang khas.
  • Sensor lain pula dibutuhkan diantaranya sensor tuberkulin (Mantoux Test, MT) & photo. Kepada anak normal, Mantoux Test positif kalau akhirnya lebih dari 10 mili meter. “Tetapi, terhadap anak yang gizinya kurang, walau ada TBC, akhirnya rata rata negatif, dikarenakan tak memberikan reaksi pada MT.”

By : Penanganan Penyakit TBC Kelenjar

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *